Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Kb Suntik 3 Bulanan Dengan Kepatuhan Dalam Melakukan Kunjungan Ulang Kb Suntik 3 Bulanan Di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen

Abstrak
Muntakimah, Cokro Aminoto,SIP. M. Kes,  Nurlaila S. Kep, Ns
Latar Belakang
KB merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pengaturan kelahiran. Para ibu harus menentukan pilihan kontrasepsi yang cocok untuk mengatur kelahiran anak-anaknya. K B suntik adalah salah satu kontrasepsi yang dilakukan setiap 1atau 2 bulan sekali. Banyak faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan kontrasepsi salah satu yang tingkat pengetahuan yang juga akan berpengaruh dalam kepatuhan ibu menggunakan KB suntik.
Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang metode injeksi kontrasepsi dengan kepatuhan dalam melakukan injeksi kontrasepsi di Desa Lembupurwo Kecematan Mirit Kabupaten Kebumen.
Metode
Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian ini adalah ibu yang menjadi akseptor KB suntik di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen, dan sampel diambil dengan teknik random sampling.  Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji chi square dengan bantuan SPSS.
Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukan  bahwa (a) tingkat pengetahuan responden dengan kategori baik sejumlah 8 0rang (17,77)%, kategori  cukup sejumlah 12 orang (26,66%),dan kategori kurang sejumlah 25 0rang (55,55%).  (b) untuk kepatuhan  kategori  patuh  34 (75,55%),  tidak patuh 11(24,44%). Hasil analisis statistic dengan uji chi square didapatkan hasil yaitu tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang injeksi kontrasepsi dengan kepatuhan dalam melakukan injeksi kontrasepsi (ρ. Value = 0,676; α 0,05 ) .
Kata kunci: kepatuhan KB suntik, pengetahuan KB suntik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: