Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Kelas Tiga Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Saras Husada Purworejo

Dwi Indriyanti Prihatiningsih1 , Cokro Aminoto2 , Rina Saraswati3

Intisari
Dari data yang diperoleh di RSUD Saras Husada Purworejo selama tahun 2009 terhadap 60 responden yang dirawat di ruang rawat inap  kelas III sebanyak 66,7% (40 responden) mengeluhkan pelayanan yang mereka terima selama dirawat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien diruang rawat inap penyakit dalam III di RSUD Saras Husada Purworejo.
Metodologi dalam  Penelitian ini  Merupakan penelitian korelasi dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasinya pasien yang dirawat diruang  rawat inap penyakit dalam kelas III  di RSUD Saras Husada Purworejo, dengan sampel  20 untuk mutu pelayanan keperawatan, 38 responden untuk kepuasan pasien dengan menggunakan porpusive sampling untuk kepuasan pasien dan total sampling untuk  mutu pelayanan keperawatan. Tempat penelitian diruang rawat inap Penyakit  Dalam Kelas III di RSUD Saras Husada Purworejo, Waktu penelitian tanggal 28 Agustus sampai tanggal 24 September 2010. Variabel dalam Penelitian ini adalah variabel bebas dan variable terikat, variable bebas  adalah mutu pelayanan keperawatan, variabel terikat kepuasan pasien diruang rawat inap penyakit dalam kelas III. Alat ukur penelitian berupa kuisioner yang terdiri dari 26  item pertanyaan, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reabilitas.
Hasil Penelitian: Mutu Pelayanan Keperawatan pelayanan keperawatan bermutu 75%, sangat bermutu 25%, hasil kepuasan pasien pasien sangat puas 50%, puas 42%, kurang puas 8% . Ada hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien diruang rawat inap penyakit dalam kelas III RSUD Saras Husada Purworejo dengan r hitung 0,520 dan nilai P=0,019.
Kesimpulan: Ada hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien diruang rawat inap penyakit dalam kelas III di RSUD Saras Husada Purworejo.
_________________________________________________
Kata Kunci: Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien.
                                                                    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: