Gambaran Pengetahuan Ketrampilan Dan Sikap Bidan Tentang Partograf Dalam Pertolongan Persalinan Di Puskesmas Adimulyo 2009

 

Norma Thersi Hervina, Cokro Aminoto, SIP, M. Kes, Eni Indrayani, S.Si.T
ABSTRAK
Latar belakang : Di Puskesmas Adimulyo dari Januari 2008 sampai dengan Oktober 2008 adalah 760 persalinan. Hanya 76,18% yang dipantau dengan partograf.  
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, ketrampilan dan sikap bidan tentang partograf dalam pertolongan persalinan di Puskesmas Adimulyo tahun 2009.
Metode penelitian : Penelitian menggunakan metode deskriptif eksploratif. Responden terdiri dari 26 responden di Puskesmas Adimulyo. Data diambil dari responden dengan menggunakan kuesioner. Analisa deskriptif. 
Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan responden tentang partograf adalah baik (73%), dan cukup (23%). Untuk ketrampilan responden dalam pengisian partograf adalah baik (54%), cukup (38%), dan kurang (8%). Untuk sikap responden terhadap penggunaan partograf adalah baik (15%) dan cukup (85%).
Kesimpulan : Pengetahuan dan ketrampilan bidan tentang partograf termasuk dalam kategori baik, sedangkan sikap bidan terhadap penggunaan partograf termasuk dalam kategori cukup.
Kata kunci : pengetahuan, ketrampilan, sikap, partograf.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: