Efektivitas Penyuluhan Peer Group Dengan Penyuluhan Oleh Petugas Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche Pada Siswi Mts KHR Ilyas Desa Tambakrejo Kecamatan Buluspesantren Kebumen 2010

Ririn Tri Rahayu1) Cokro Aminoto, SIP. M. Kes 2) M.Madkhan Anis S,Kep Ns 3)
  
Abstrak
Latar belakang. Salah satu upaya untuk merubah perilaku dalam kesehatan adalah dengan cara meningkatkan pengetetahuan. Peningkatan pengetahuan tentang menarche adalah melalui penyuluhan.
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji masalah tentang efektivitas penyuluhan peer group dengan penyuluhan oleh petugas kesehatan terhadap tingkat pengetahuan tentang menarche pada siswi MTs KHR ILYAS desa tambakrejo  kecamatan buluspesantren kebumen 2010.
Metode. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Separate sample pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi putri kelas tujuh dan  kelas delapan di MTs KHR ILYAS desa Tambakrejo sebanyak 48 siswi. Dan sampel yang diambil dengan tehnik Non Probability Sampling-Sampling Jenuh (total sampling). Untuk mengetahui efektivitas penyuluhan dilakukan uji paired t-test dengan bantuan SPSS.
Hasil. Hasil analisis statistik dengan uji paired t-test didapatkan hasil uji statistik oleh peer-group dengan nilai t hitung < t tabel  (-7,597< 2,069) dan p value 0,000 <0,05 artinya tidak ada perbedaan antara tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah memperoleh penyuluhan kesehatan tentang menarche oleh peer-group di MTs KHR Ilyas Desa Tambakrejo. Dan dari hasil uji statistik oleh petugas kesehatan didapatkan bahwa nilai t hitung < t tabel (-4,928 < 2,069) dan p value 0,000 <0,05 artinya tidak ada perbedaan antara tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah memperoleh penyuluhan kesehatan tentang menarche oleh petugas kesehatan di MTs KHR Ilyas Desa Tambakrejo.
Kesimpulan. Penyuluhan peer-group dengan penyuluhan oleh petugas kesehatan tidak ada perbedaan untuk memberikan penyuluhan jadi sama-sama efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang menarche pada siswi MTs KHR ILYAS desa tambakrejo  buluspesantren kebumen.

Kata kunci: Penyuluhan, peer group, petugas kesehatan, tingkat pengetahuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: