Langkah Praktis Mulai Menyusun Laporan Penelitian

Ada beberapa prinsip untuk memulai membuat laporan penelitian, yaitu:

  1. Mengubah pola pikir dari dokumen proposal (the future tense) ditandai dengan kata-kata: akan dilakukan, akan menggunakan dll menjadi laporan pelaksanaan penelitian (the past tense) ditandai dengan kata-kata:telah dilakukan, digunakan, dilakukan dsb. Sehingga yang harus dilakukan oleh peneliti adalah mengganti redaksional yang sifatnya ‘proposal’ itu menjadi format ‘laporan’ sejak dari bab 1 sampai bab 3.
  2. Di sub bab Uji Validitas dann reliabilitas instrumen, jika ada, laporkan dulu bagaimana uji itu dilakukan. Pada bagian ini perlu dimuat informasi tentang apa tujuan, kapan dilakukan, siapa sampel dan berapa jumlah/besar sampel, apakah sampel uji instrumen tsb juga merupakan sampel penelitian, dan apa alasan pemilihanya.
  3. Jika sudah, bagaimana hasilnya? Berapa jumlah item yang diuji, berapa yang valid dan berapa yang tidak valid. Jika ada item yang tidak valid, bagaimana tindakan peneliti? Item yang tidak valid di drop kemudian diganti atau tidak.Apakah instrumen itu reliabel? Jangan lupa lampirkan hasil ujinya.
  4. Sebelum memulai bab hasil dan pembahasan, lakukan dulu persiapan data mentah yang berasal dari responden. Tahap yang dilakukan setelah pengumpulan data (collecting) biasanya adalah: editing, yaitu  memeriksa kebenaran, ketepatan serta kelengkapan data. Jika menggunakan instrumen daftar pertanyaan, apakah seluruh item pertanyaan sudah dijawab, secara benar, tepat sesuai ukuran variabel dan lengkap.Pada tahap ini juga peneliti dapat melakukan ‘reduksi’ data yang tidak perlu.
  5. Jika tahap di atas sudah dilakukan, tahap persiapan data berikutnya adalah mulai melakukan koding atas semua informasi responden. Koding secara sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan angka tertentu untuk mewakili informasi tertentu. Angka-angka kode tersebut, mestinya sudah ada di definisi operasional
  6. Langkah terakhir dalam menyiapkan data penelitian adalah tabulasi. Tabulasi disini yang dimaksud bahwa, peneliti menyiapkan sebuah master tabel yang memuat seluruh item atau parameter dari semua variabel penelitian dari responden. Jika dalam proposal anda sudah membuatnya, biasanya disebut sebagai ‘dummy table’, yaitu tabel kosong yang berguna untuk mencatat dan merekapitulasi seluruh data dari responden.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: