Variabel Penelitian

Pengertian Variabel

Variabel berasal dari akar kata vary (berarti: berbeda) dan able (berarti: dapat), secara harfiah kata ‘variabel’ dapat diartikan sebagai sesuatu yang hasilnya dapat berbeda-beda. Secara singkat, variabel adalah gejala yang menjadi fokus peneliti untuk diamati dan hasilnya dapat berbeda-beda (antar responden-Red). Tentunya banyak pengertian lain, tapi sepertinya pengertian itu sudah cukup.
Di sini akan diuraikan berbagai jenis variabel yang sering dijumpai dalam suatu penelitian. Variabel penelitian juga dapat dibedakan menjadi (1). Variabel bebas (independent variable), (2). Variabel terikat (dependent variable). Penggolongan tersebut dilakukan berdasarkan sifat hubungan antar variabel. Dalam hal ini sifat hubungannya adalah hubungan kausalitas.

Variabel bebas juga sering disebut variabel antecedent, dan variabel terikat disebut qonsequent. Variabel bebas ialah variabel yang oleh peneliti diperkirakan menjadi penyebab munculnya atau berubahnya variabel terikat. Sedang variabel terikat ialah variabel yang terjadi atau muncul atau berubah karena mendapat pengaruh atau disebabkan oleh variabel bebas. Di antara hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat tersebut terdapat variabel-variabel perantara (moderator), variabel pengganggu (intervening variable), dan variabel pengendali variabel lain (control variable).

Variabel bebas (independent)
Variabel independen adalah variabel yang menjadi sebab atau berubahnya suatu variabel lain (variabel dependen). Juga sering disebut dengan variabel bebas, prediktor, stimulus, eksougen atau antecendent.

Variabel terikat (dependent)
Variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat karena adanya variabel lain (variabel bebas). Juga sering disebut variabel terikat, variabel respons atau endogen. Variabel inilah yang sebaiknya anda kupas dalam-dalam pada latar belakang penelitian. Berikan porsi yang lebih dalam membahas variabel terikat dari pada variabel bebasnya karena merupakan implikasi dari hasil penelitian.

Variabel antara (Moderating variable)
Variabel moderating adalah variabel yang memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Sekali lagi, memperkuat atau memperlemah. Variabel moderating juga sering disebut sebagai variabel bebas kedua dan sering dipergunakan dalam analisis regresi linear, atau pada structural equation modeling. Sebagai contoh, hubungan ayah dan ibu akan semakin mesra dengan adanya anak. Jadi anak merupakan variabel moderating antara ayah dan ibu. Atau, selingkuhan merenggangkan hubungan ayah dan ibu, jadi selingkuhan merupakan variabel moderating antara ayah dan ibu.

Variabel pengganggu (intervening variable)
Adalah variabel yang menjadi media pada suatu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.

Variabel kontrol
Variabel kontrol adalah variabel yang dijadikan acuan bagi variabel yang lain.

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

24 responses to “Variabel Penelitian”

  1. lilies says :

    Variabel berasal dari akar kata vary (berarti: berbeda) dan able (berarti: dapat), secara harfiah kata 'variabel' dapat diartikan sebagai sesuatu yang hasilnya dapat berbeda-beda. Secara singkat, variabel adalah gejala yang menjadi fokus peneliti untuk diamati dan hasilnya dapat berbeda-beda (antar responden-Red). Tentunya banyak pengertian lain, tapi sepertinya pengertian itu sudah cukup.
    Salah satunya:

    Variabel pengganggu (intervening variable)Adalah variabel yang menjadi media pada suatu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.
    Variabel bebas, tergantung, kontrol dan moderat merupakan variable-variabel kongkrit. halnya dengan variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. Oleh karena itu, variable pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan varaibel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat dilihat, diukur, dan dimanipulasi; pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variable moderat terhadap gejala yang sedang diteliti.

  2. dwi setyowati says :

    menurut saya variabel pengganggu itu adalah variabel yang bisa menguatkan atau memperlemah darivariabel bebas maupun terikat. pada Kti variabel pengganggu biasanya terdapat pada kerangka konsep penelitian.

  3. apriyanti eka laras says :

    menurut saya variabel pengganggu merupakan variabel yang di kendalikan atau di buat konstan sehingga tidak akan mempengaruhi variabel utama yang akan diteliti. variabel pengganggu pada kti ditempatkan pada kerengka konsep

  4. erdina yudo nugraheni says :

    variabel penggnggu adalah variabel yang mengganggu variabel bebas dan variabel terikat(akibat), tetapi variabel ini tidak di teliti hanya secara teori. variabel pengganggu dapat dikendalikan dengan cara dipilih dari sampel, maksudnya menghindari seminimal mungkin sampel yang mengandung variabel pengganggu atau jika tidak di analisis setelah terkumpul semuanya. serta bila tidak dikendalikan di asumsikan sama. variabel penggangu dapat di letakkan di kerangka konsep, tersirat kedudukan tiap variabel atau konsep.

  5. dian setyawati C says :

    variabel yang ada dalam metode penelitian yang tidak mempunyai pengaruh terhadap hasil penelitian.

  6. dewi mahrobi says :

    variabel penggangu adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel bebas maupun terikat dan harus dipertimbangkan dalam suatu penelitian.

  7. estri fitri says :

    variabel pengganggu merupakan variabel yang menganggu hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.
    variabel penganggu bersifat hipotetikal yang artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak terlihat, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara variabel bebas dan terikat.

  8. dewi puspita rini says :

    variabel pengganggu dalam penelitian digunakan sebagai pembanding antara variabel bebas dan variabel terikat, sehingga hasil penelitian akan lebih valid

  9. adinda 3a says :

    Variabel pengganggu adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel independen dan dependen. Variabel ini sering disebut variabel independen kedua.
    contoh: anak adalah variabel yang memperkuat hubungan suami istri
    pihak ketiga adalah variabel yang memperlemah hubungan suami istri.
    Menurut saya peran dan keberadaan variabel pengganggu hanya sebagai pengacu dari pengamatan suatu variabel utama dalam penelitian. Dengan demikian variabel pengganggu tidak perlu diteliti.

  10. diahndut says :

    variabel pengganggu
    variabel yang mengganggu hubungan antara variabel dependen dan independen, variabel pengganggu merupakan variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan, sehingga tidak akan mempengaruhi variabel utama yang diteliti. jadi variabel pengganggu tetap dicantumkan dalam suatu penelitian akan tetapi hanya sebagai penguat yang artinya variabel tersebut tidakdi teliti. dalam mencantumkan variabel pengganggu kesuatu penelitian dibedakan dengan variabel yang lain, misal di letakan dengan kotak garis putus-putus, gunanya untuk untuk membedakan bahwa variabel pengganggu tidak diteliti hanya sebagai penguat dalam sebuah penelitian.

  11. dwi utami says :

    variabel pengganggu adalah salah satu variabel yang terdapat dalam suatu penelitian yang mana tidak berpengaruh langsung terhadap hasil penelitian, namun variabel ini sebagai salah satu pendukung variabel bebas dan terikat, sehingga variabel ini harus berjalan bersama variabel lainya

  12. Desi indah R says :

    menurut saya variabel pengganggu adalah variabel yang mempengaruhi hasil dari variabel bebas dan variabel pengganggu. Dalam penelitian, variabel pengganggu tidak diteliti dan biasanya diletakkan di kerangka konsep.
    selain itu variabel pengganggu juga bisa diartikan sebgai variabel yang mengganggu bekerjanya variabel bebas dan variabel tergantung.

  13. Dwi purwanti says :

    menurut saya variabel pengganggu adalah variabel yang mempengaruhi variabel bebas(independen) dan variabel terikat (dependen).

  14. anita mulyanawati says :

    variabel pengganggu digunakan untuk mendukung proses penelitian

  15. fitri umy says :

    variabel pengganggu adalah variabel yang mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti tetaoi tidak dapat dilihat dan diukur atau secara nyata pengaruhnya tidak kelihatan.

  16. febriana wahyu says :

    variabel pengganggu harus dikendalikan atau dibuat konstan, sehingga tidak akan mempengaruhi variabel utama yang akan diteliti.
    fungsi fariabel pengganggu yaitu untuk menggangu atau mempengaruhi fariabel utama yang akan diteliti.

  17. dEni aDriati says :

    Variabel pengganggu merupakan variabel yang mengganggu variabel bebas. Variable ini bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas. Jadi sebaiknya variabel pengganggu hanya digunakan sebagai pembanding saja. Sehingga, variabel pengganngu ini tidak akan membinggungkan kita dalam penulisan.

  18. uswatun khasanah says :

    variabel pengganggu adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel terikat dan variabel bebas. kalo menurut saya penulis jangan terlalu terfokus pada variabel pengganggu. lebih baik fokus pada variabel bebas dan variabel terikat saja. variabel pengganggu diletakkan di kerangka konsep aja.

  19. sangadah says :

    variabel penganggu adalah variabel yang menjadi media pada suatu hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.variabel pengganggu ini bersifat sangat konkrit, tidak bisa dilihat.tapi secara teoritis dapat mempengaruhi hub antara variabel yang sedang diteliti.

  20. isnaeni kamaliyah says :

    variabel penggaggu adalah variabel yang mendukung variabel lain seperti variabel bebas dan variabel terikat, tapi kadang juga mengganggu variabel-variabel tersebut. variabel pengganggu ada yang tidak perlu di teliti tapi kadang untuk mendukung variabel bebas dan variabel terikat variabel pangganggu harus dilakukan penelitian agar dapat diatasi apa pengganggunya, sehingga dapat mendukung penelitian yang baik.

  21. Rojatun Mei Hartanti says :

    Setiap penelitian, antara variabel bebas dan variabel terikat akan memungkinkan adanya variabel lain ( variabel penggangu) yang muncul, yang nantinya bisa berpengaruh pada hasil ( variabel terikat)penelitian kita.
    Agar variabel penggangu tersebut tidak mengganggu penelitian kita, maka kita bisa mengusahakan untuk meminimalisir munculnya variabel pengganggu tersebut.
    Caranya sebelum menentukan sample yang akan di ambil untuk penelitian, kita bisa menyebarkan angket yang isinya ada pada diri sampel dan gambaran sampel, atau dengan kata lain kita mencari data yang lebih valid lagi.
    Atau bisa juga variabel peangganggu kita letakan di dalam kesimpulan untuk menyimpulkan bahwa variabel tersebut adalah salah/ tidak valid.

  22. Rohimah says :

    variabel pengganggu menurut saya merupakan variabel yang dapat mengganggu antara variabel bebas dan variabel terikat, karena variabel bebas merupakan variabel yg tidak ada ikatan dan tidak saling terikat dan tidak bisa diukur, sedangkan variabel terikat itu sudah ada ikatan,variabel pengganggu hanya sebagai memperlemah / memperkuat keberadaan variabel bebas dan variabel terikat

  23. nur fadhilah says :

    variable pengganggu, variable tersebut bersifat hipotetikal artinya secara kongkrit pengaruhnya tidak kelihatan, tetapi secara teoritis dapat mempengaruhi hubungan antara varaibel bebas dan tergantung yang sedang diteliti maka variabel pengganggu dapat dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah variabel pengganggu tersebut memiliki distribusi normal atau tidak.Sehinnga variabel dapat dikendalikan secara konstan sehingga tidak mempengaruhi variabel utama yang sedang diteliti.

  24. nursidah says :

    variabel pengganggu adalah variabel yang dapat mempengaruhi antara variabel bebas dan tergantung yang sedang diteliti. oleh karena itu variabel pengganggu didefinisikan sebagai variabel yang sedang teoritis mempengaruhi hubungan variabel yang sedang diteliti tetapi tidak dapat di lihat, diukur, dan dimanipulasi ,pengaruhnya harus disimpulkan dari pengaruh-pengaruh variabel bebas dan variabel terikat terhadap gejala yang sedang di teliti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: