Tinjauan Pustaka

Peninjauan Pustaka dalam Penelitian, biasanya dilakukan setelah peneliti berhasil merumuskan masalah penelitian, menetapkan tujuan dan manfaat penelitian. Tinjauan pustaka penelitian tujuannya untuk memperoleh gambaran tentang tinjauan teori kaitannya dengan masalah yang diteliti atau variabel utama penelitian, landasan teori yang digunakan, kerangka konsep dan hipotesis penelitian.

Pemilihan bahan pustaka yang akan dikaji didasarkan pada dua kriteria, yaitu: (1) prinsip kemutakhiran (kecuali utuk penelitian historis) dan (2) prinsip relevansi. Prinsip kemutakhiran penting karena ilmu berkembang dengan cepat. Sebuah teori yang efektif pada suatu periode mungkin sudah ditinggalkan pada periode berikutnya. Dengan prinsip kemutakhiran, penelitian dapat berargumentasi berdasar teori-teori yang pada waktu itu dipandang paling representatif. Hal seruap berlaku juga terhadap telaah laporan-laporan penelitian. Prinsip relevansi diperlukan untuk menghasilkan kajian pustaka yang erat kaitannya dengan masalah yang diteliti.

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: