GAMBARAN PENGETAHUAN KETRAMPILAN DAN SIKAP BIDAN TENTANG PARTOGRAF DALAM PERTOLONGAN PERSALINAN DI PUSKESMAS ADIMULYO, KEBUMEN TAHUN 2009

Peneliti:

Norma Thersi Hervina

Cokro Aminoto, SIP, M.Kes

Eni Indrayani, S.Si.T



ABSTRAK

Latar belakang

Di Puskesmas Adimulyo dari Januari 2008 sampai dengan Oktober 2008 adalah 760 persalinan. Hanya 76,18% yang dipantau dengan partograf.



Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, ketrampilan dan sikap bidan tentang partograf dalam pertolongan persalinan di Puskesmas Adimulyo tahun 2009.



Metode penelitian

Penelitian menggunakan metode deskriptif eksploratif. Responden terdiri dari 26 responden di Puskesmas Adimulyo. Data diambil dari responden dengan menggunakan kuesioner. Analisa deskriptif.



Hasil penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan responden tentang partograf adalah baik (73%), dan cukup (23%). Untuk ketrampilan responden dalam pengisian partograf adalah baik (54%), cukup (38%), dan kurang (8%). Untuk sikap responden terhadap penggunaan partograf adalah baik (15%) dan cukup (85%).



Kesimpulan

Pengetahuan dan ketrampilan bidan tentang partograf termasuk dalam kategori baik, sedangkan sikap bidan terhadap penggunaan partograf termasuk dalam kategori cukup.



Kata kunci : pengetahuan, ketrampilan, sikap, partograf.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: