MENGENAL UKURAN PEMUSATAN DAN PENYEBARAN DATA DALAM PENELITIAN

Pengolahan data biasanya menghasilkan ukuran-ukuran yang berupa rangkuman yang mewakili data tersebut. Untuk itu, kita berusaha untuk mengetahui di mana suatu data terpusat yang disebut juga sebagai ukuran pemusatan data atau ukuran tendensi sentral. Beberapa jenis nilai gejala pusat yang sering digunakan ialah rata-rata (mean), median, dan modus.

Ukuran-ukuran ini sering digunakan sebagai gambaran atau wakil data secara keseluruhan. Meskipun begitu, statistika tidak hanya membahas tentang ukuran-ukuran yang dapat digunakan sebagai wakil dari data secara keseluruhan, namun statistika membahas juga tentang ukuran-ukuran yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebaran, variasi atau pencaran suatu data yang dikenal sebagai ukuran penyebaran.

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: