Memulai Menulis

Setelah hal-hal pokok dalam persiapan menulis ilmiah sudah kita lakukan, maka sampailah kita pada tahap memulai menulis.

Harus mulai dari mana?

Untuk penulisan ilmiah seperti Kertas Kerja, Karya Tulis, Skripsi, Thesis, Disertasi biasanya sudah mengikuti pola yang relatif baku. Pola tersebut biasanya tercermin dalam daftar isi. Jika memang pola tersebut sudah ada, untuk menyelesaikan proposal misalnya, ada baiknya kita mengikuti pola tersebut menurut urutan bab-nya. Karena pola tersebut merupakan kerangka berfikir logis dalam penelitian.

Namun, bukan tidak mungkin kita menyiapkannya secara simultan. Sebagai misal, ketika menyelesaikan latar belakang permasalahan, pada periode yang sama kita mencoba mengumpulkan bahan-bahan teori yang akan digunakan sebagai tinjauan pustaka. Hal ini juga bermanfaat untuk memperkaya pemahaman kita tentang topik atau masalah dari rencana penelitian kita.

Pola baku penulisan ilmiah atau sebuah proposal penelitian paling tidak terdiri dari:

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

4 responses to “Memulai Menulis”

  1. Anonymous says :

    Saya desta pak, mahasiswi di Bandung. Wdh Tulisannya bagus pak. Tapi aplikasinya sungguh sulit sekali. Konsultasi dengan pembimbing rasanya tidak cukup, mana proposal sudah harus dead-line. Apa bapak bisa bantu, atau alamat konsultasi penulisan proposal. Trims banget.

  2. Anonymous says :

    Belakangan saya konsultasi dengan dosen pembimbing tentang pengolahan data penelitian. Beliau menyarankan untuk menggunakan teknik SEM? Saya bingung, apa itu pak? tx

  3. cokroaminoto says :

    Desata, Terimakasih atas komentar dan pertanyaannya. Untuk konsultasi secara pribadi, anda bisa kunjungi link konsultasi di web ini http://menulisproposal.blogspot.com/search/label/konsultasi

  4. cokroaminoto says :

    Kawan, Terimakasih atas komentar dan pertanyaannya. Minimal ada 3 posting baru yang membahas SEM di bawah kategori teknik analisis data. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: