Membangun Paragraf yang Dinamis

Paragraf dalam sebuah tulisan ilmiah, merupakan kumpulan dari dua atau beberapa kalimat yang saling berhubungan dalam satu kesatuan bahasan. Kalimat-kalimat dalam paragraf tidak berdiri sendiri, tetapi saling menjelaskan. Sehingga berapapun jumlah kalimat dalam paragraf, harus saling mendukung, mengarahkan pada suatu bahasan tertentu yang mencerminkan ide pokok penulisan.

Koherensi: kepaduan makna

Setelah kalimat-kalimat efektif itu berhasil kita tulis, tugas kita berikutnya adalah menyusun dalam paragraf. Yaitu menyusun paragraf secara dinamis, menghantarkan pembaca, dari suatu kalimat ke kalimat berikutnya secara runtut, teratur dan tercipta kepaduan makna yang memperkuat ide pokok. Sayangnya, ini tidak mudah!
Seringkali kita terjebak pada bagian-bagian uraian detil yang melebar, sehingga kita kehilangan fokus. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin pembaca, atau bahkan kita sendiri penulisnya, merasa kebingungan apa sebenarnya fokus bahasan paragraf ini.
Untuk mengatasinya, ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk membangun paragraf yang dinamis, diantaranya dengan pembahasan Ide pokok, Urutan logis, Kronologi kejadian, Perbandingan.

Pembahasan Ide Pokok

Mengembangkan paragraf melalui pembahasan ide pokok, dapat dilakukan melalui pola urutan: Ide-Deskripsi-Analogi-Kesimpulan. Pada awal paragraf, dimulai dengan menuliskan ide pokok atau duduk perkaranya dalam sebuah kalimat efektif. Diikuti deskripsi atau penjelasan dari ide tersebut. Deskripsi ide, dapat dilakukan dengan menjawab atas pertanyaan “Apa”, “Kapan”, “Dimana”, “Bagaimana” dan “Mengapa” atas ide pokok tersebut. Setelah kalimat-kalimat yang menguraikan atas ide pokok tersebut, diikuti analogi, berupa penggambaran situasi, ilustrasi atau data pendukung. Sebagai akhir paragraf, kita dapat menyampaikan kalimat yang berisi penegasan kembali berupa kesimpulan atau solusi.

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: