Membangun Kesinambungan Ide dalam Tulisan Ilmiah

Kesinambungan ide merupakan faktor penting dalam sebuah tulisan. Ada banyak ide-ide besar tidak dapat dimengerti karena kesinambungannya tidak jelas. Kesinambungan ide dalam tulisan, dapat dibangun melalui pengembangan antar paragraf yang dinamis. Paragraf yang dinamis dipengaruhi oleh kepaduan makna antar kalimatnya secara koheren. Dan makna kalimat sangatlah tergantung pada ketepatan tata bahasa, diksi dan gaya bahasa, sehingga tercipta kalimat yang efektif.

Menciptakan kalimat efektif dalam tulisan

Hal yang satu ini seringkali diabaikan ketika menulis. Walaupun sebenarnya, kalimat itu merupakan kunci keberhasilan dari keseluruhan tulisan. Karena kalimat mencerminkan ide pokok, citarasa, etika dan tingkat kedalaman analisis seorang penulis. Pemahaman akan kalimat yang efektif sangatlah penting. Hal ini menyangkut penerapan tatabahasa, diksi dan gaya bahasa dalam tulisan.
Dalam tulisan ilmiah, tulisan kita dipahami sebagai karya ilmiah yang menyampaikan kebenaran. Disampaikan dalam tatanan resmi disampaikan dalam langgam bahasa tulis. Olehkarena itu, ketaatan terhadap tatabahasa sangatlah mutlak. Penggunaan tanda baca, teknik penulisan, pemilihan jenis kalimat, penggunaan gaya bahasa haruslah dipahami.
Seringkali, istilah dalam bahasa percakapan/lisan dengan tanpa terasa masuk dalam bahasa tulis. Penggunaan kalimat majemuk bertingkat, sangatlah mengganggu pembaca dalam memahami ide kita. Oleh karena itu, menggunakan kalimat efektif sesuai tatabahasa menjadi pilihan yang paling bijaksana. Tidak sedikit kita jumpai paragraf dalam tulisan hanya berisi satu kalimat! Dan kalimat tersebut dapat berisi 12-25 kata.
Beberapa saran, yang mungkin dapat membantu kita menciptakan kalimat efektif adalah:

  • Gunakan maksimal 12 kata untuk satu kalimat
  • Buatlah kalimat berstruktur minimal Subyek-Predikat (S-P)
  • Hindari penggunaan kalimat majemuk
  • Pilih kata dan gaya bahasa yang resmi dan untuk bahasa tulis

Jika hal-hal di atas, sudah dapat kita lakukan, maka langkah berikutnya adalah membangun paragraf yang dinamis.

Jika ada saran-saran silakan berikan komentar di akhir posting ini, atau jika ingin berdiskusi bisa kunjungi saya di Forum Membangun Kinerja Staff.

Jika artikel ini bermanfaat, silakan isikan alamat email anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner

Jika sejauh ini anda merasa perlu jasa konsultasi, pembimbingan atau pendampingan secara pribadi dalam penulisan proposal atau laporan penelitian, anda bisa pelajari bagaimana saya bisa membantu anda dalam bentuk Layanan Konsultasi Penulisan atau klik di sini untuk menghubungi saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: